Jumat, 23 Juni 2023

Menulis Resume Yang Baik

Resume Ke : 3

Gelombang : 29

Tanggal : 23 Juni 2023

Tema : Teknik Penulisan Resume

Narasumber : Raliyanti, S.Sos.,S.Kom.,M.Pd

Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd



Pertemuan ketiga hari Rabu tanggal 23 Juni 2023 dengan mengangkat tema teknik penulisan resume. Narasumbernya adalah beliau ibu Raliyanti, S.Sos.,S.Kom.,M.Pd seorang guru informatika dan kepala perpustakaan di MAN 4 Jakarta. Beliau alumni pelatihan menulis KBMN gelombang ke-20. Dan sekarang tergabung dalam tim solid Om Jay bersama alumni pelatihan menulis KBMN yang lain.

Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Dalam menulis resume kita hanya menuliskan kembali intisari atau pokok informasi tetapi tidak menghilangkan esensi utama dari tulisan tersebut. Resume materi harus memuat informasi-informasi berikut:

1.     Judul materi dan nama narasumber

2.     Ringkasan singkat tentang tema utama materi

3.     Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume

Agar dapat membuat resume dengan baik hendaknya kita mengamati dan mencermati materi yang disampaikan oleh narasumber, menuliskannya kembali dengan kalimat dan gaya bahasa kita sendiri dengan tetap memperhatikan kaidah penggunaan bahasa yang benar, kemudian diakhiri dengan sebuah kalimat penutup yang bisa berupa kesimpulan atau balik bertanya kepada para pembaca untuk merangsang nalar kritisnya. Agar resume yang kita buat lebih menarik dapat juga menambahkan sumber materi dari luar yang relevan dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Membuat resume juga hendaknya dituliskan dalam paragraf yang pendek-pendek saja karena paragraf panjang cenderung membuat pembaca menjadi lebih cepat jenuh. Juga jangan lupa untuk menggunakan teknik parafrase yaitu teknik menuangkan kembali sebuah gagasan dengan bahasa kita sendiri tanpa mengurangi makna atau esensinya.

Lalu bagaimana caranya agar kita dapat membuat resume dengan cepat di sebuah blog?memang ada kiat-kita khusus yang perlu dilakukan. Ibu Maesaroh salah seorang tim solid om jay menuliskan setidaknya ada empat caranya diantaranya sebagai berikut :

1.     Duduk 10 menit sebelum acara dimulai.

2. Tulis narasi pembuka yang sesuai dengan materi dan narasi penutup sebagai kesimpulan dari materi yang disampaikan.

3.     Tulis materi dengan paragraf pendek-pendek.

4.     Gunakan gaya paralelisme atau teknik parafrase

Bisa juga menggunakan dua perangkat gawai dalam membuat resume secara cepat karena hal ini akan mempermudah dalam pengumpulan tautan blog kita. Tulisan kita harus mempunyai karakter karena pasti setiap tulisan yang dibuat di dalamnya tercermin jiwa dan karakter si penulis. Jadi menulislah sesuai dengan karakter sendiri.

Dalam konteks pelatihan ini, menulis resume dengan cepat memiliki keuntungan dan keunggulan serta keasyikan tersendiri. Disamping itu merupakan sebuah tantangan, akan ada sensasi tersendiri saat dapat menyelesaikan sebuah resume dengan cepat. Benefit yang didapat antara lain blog kita ramai dikunjungi dan sesekali akan mendapat hadiah kiriman buku dari pelatihan ini.

Satu hal baku dalam dunia tulis menulis adalah wajib hukumnya menghindari plagiarisme atau penjiplakan. Menulis dengan ide kreatif sendiri disertai keyakinan dan rasa percaya diri adalah modal awal untuk kita dapat menulis apapun dengan baik termasuk menulis resume.

Untuk menjadi seorang penulis handal modal yang paling utama adalah rasa yakin dan percaya diri dengan tulisan sendiri. Juga harus mempunyai mental baja dimana kita harus siap menerima berbagai macam kritikan dari pembaca. Dan menulislah di berbagai platform blog karena dengan begitu tulisan kita akan jauh lebih berwarna dan variatif. Menulis di berbagai platform blog juga melatih mental penulis agar menjadi pribadi yang adaptif dan tidak alergi dengan perubahan.

Resume-resume yang kita buat juga dapat disusun menjadi sebuah buku caranya adalah dengan membuatkan daftar isi pada resume-resume tersebut, pilih resume yang akan dijadikan buku, salin tempel resume dalam blog tersebut ke Microsoft Word edit dan rapikan seperlunya dan terakhir kirim ke penerbit buku yang siap menerbitkan kumpulan resume kita menjadi sebuah buku.

Demikian pemaparan materi dari narasumber malam hari ini yang sangat luar biasa. Memang menulis itu adalah ungkapan jiwa dan isi pikiran seseorang yang dituangkan ke dalam kalimat-kalimat. Seseorang akan terasah mental menulisnya jika ia rajin berlatih mengungkapkan isi pikirannya ke dalam tulisan. Anggap saja sedang ngobrol dengan seseorang. Dengan demikian tulisan kita akan mengalir dengan baik. Menulis juga harus disertai dengan rasa bahagia karena segala sesuatu yang dilakukan dengan rasa bahagia pasti hasilnya akan lebih baik daripada yang dilakukan dengan sebuah keterpaksaan. Menulis resume sama artinya menulis ringkasan dengan kalimat kita sendiri. Tidak perlu terlalu panjang, pendek saja yang penting inti pokok dari karangan atau bacaan tersebut sudah ada dalam resume kita. Luar biasa ibu Raliyanti, S.Sos.,S.Kom.,M.Pd. Terimakasih atas pemaparan materinya malam hari ini. Tetap sehat tetap semangat dan tetaplah menulis dengan bahagia.

7 komentar: