Minggu, 03 September 2023

Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Resume ke : 30

Gelombang : 29

Tanggal : 1 September 2023

Tema : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Narasumber : Prof. Richardus Eko Indrajit

Moderator : Aam Nurhasanah, S.Pd


Profesor Richardus Eko Indrajit narasumber pada pertemuan malam hari ini menjelaskan setidaknya ada 4 langkah atau tahapan dalam menulis :

Langkah Persiapan

Pada tahap ini terdapat empat aktivitas yang dilakukan oleh seorang penulis yaitu :

1. Menentukan tujuan menulis. Setiap orang memiliki tujuannya masing – masing dalam menulis. Misalnya : ingin menjadi penulis fiksi, nonfiksi, jurnalis, blogger, atau hanya sekedar menulis untuk diri sendiri. Menentukan tujuan di awal kegiatan menulis akan membantu memfokuskan upaya kita untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

2. Memilih genre atau topik. Pilihlah genre atau topik sesuai minat pribadi. Dengan demikian proses menulis akan menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

3. Penelitian awal. Lakukan riset terhadap topik atau genre yang kita pilih. Riset atau penelitian dapat berupa membaca buku, membaca artikel atau membaca tulisan yang serupa dengan tulisan yang hendak kita tulis. Jadikan semuanya sebagai referensi tulisan kita kelak.

4. Mempersiapkan alat. Persiapkan alat yang kita butuhkan untuk menulis, misalnya laptop, komputer, aplikasi menulis, buku catatan, pena, dan sebagainya.

Langkah Menulis

Pada langkah menulis seorang penulis melakukan aktivitas sebagai berikut :

1. Brainstorming. Melakukan brainstorming bertujuan untuk mengumpulkan ide. Bisa dengan menggunakan metode mind mapping (peta pikiran / peta konsep), daftar pokok – pokok pikiran atau free writing.

2. Membuat kerangka tulisan. Membuat kerangka tulisan atau outline akan membantu penulis dalam menyusun tulisannya. Membuat outline berfungsi sebagai panduan agar penulis tetap fokus pada tema tulisannya.

3. Menulis draft awal. Mulailah menulis berdasarkan kerangka yang telah dibuat. Pada tahap ini sebaiknya penulis tidak perlu terlalu terfokus pada kesalahan gramatikal atau struktur.

4. Rutin untuk menulis. Cobalah untuk menulis secara rutin dan konsisten. Bisa setiap hari, seminggu sekali atau sebulan sekali sesuai dengan waktu yang bisa dipenuhi. Semakin rajin menulis maka keterampilan menulis akan semakin terasah.

Langkah Revisi

Ada beberapa aktivitas dalam langkan revisi ini :

1. Membaca ulang. Setelah draft awal selesai, penulis hendaknya membaca kembali tulisannya sendiri. Perhatikan alur, kohesi, kerapatan informasi.

2. Mengedit atau menyunting tulisan. Pada langkah ini penulis mulai mengedit untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan. Baik kesalahan gramatikal, kalimat yang tidak efektif, atau informasi yang tidak tepat.

3. Dapatkan feedback atau masukan. Penulis hendaknya menunjukkan hasil tulisannya kepada oranglain untuk mendapatkan feedback atau umpan balik. Umpan balik bisa penulis dapatkan dari teman, keluarga atau mentor menulis.

4. Merevisi tulisan. Penulis melakukan revisi terhadap tulisannya berdasarkan feedback atau masukan yang telah diterima sebelumnya. Penulis dapat melakukan beberapa putaran revisi agar hasil tulisannya semakin bagus.

Langkah Publikasi

Langkah inilah yang menjadi tujuan utama kita. Setiap penulis harus mempublikasikan tulisannya agar dapat dibaca dan dinikmati oleh khalayak umum. Ada sejumlah aktivitas yang dilakukan penulis dalam tahapan ini yaitu : mengirimkan tulisan ke penerbit, tulisan dianalisis oleh penerbit, mendapatkan umpan balik dari penerbit, melakukan revisi, dan akhirnya tulisan diterbitkan baik dalam bentuk fisik maupun elektronik.

Pada akhir pertemuan malam hari ini Profesor Richardus Eko Indrajit selaku narasumber meberikan tantangan kepada para peserta agar dapat menerbitkan buku di penerbit mayor dalam waktu 2 minggu. Adapun tantangannya adalah sebagai berikut :

1. Peserta diminta mengakses link youtube https://www.youtube.com/@profekojichannel4832/playlists.
2. Peserta diminta mencari topik dalam repository video tersebut dimulai dengan kata EKODEMY atau MICROJI.
3. Peserta diminta membuat daftar isi  buku dengan jumlah bab mengikuti topik yang dipilih (jika ada 5 video, maka akan menjadi 5 bab; jika 7 video menjadi 7 bab; dan seterusnya).
4. Peserta diminta mendengarkan setiap video dengan seksama. Apapun yang disampaikan dalam video tersebut, tulislah dengan menggunakan bahasa sendiri atau secara verbatim (sesuai dengan kata-kata yang didengar).
5. Prof. Eko memberikan waktu seminggu untuk melaksanakannya. Dan tepat di minggu berikutnya, Ibu Aam Nurhasanah selaku moderator akan membuat link Zoom dimana masing – masing peserta akan mempresentasikan hasilnya ke Prof. Eko.
6. Setelah semua melakukan presentasi, Prof. Eko akan perlihatkan “Sejumlah Kejutan” yang belum pernah peserta bayangkan sebelumnya - termasuk sejumlah kiat yang belum pernah disampaikan pada batch sebelumnya.
7. Maka pada minggu kedua, peserta akan menjalankan "strategi kejutan" tersebut, dan dalam dua minggu, buku mayor peserta siap dikirimkan ke publisher.

Demikian tatangan menulis buku mayor dalam dua minggu yang diberikan oleh Prof. Richardus Eko Indrajit. Para peserta tampak sangat antusias mengikuti tantangan tersebut. Tetap semangat dan semoga sukses selalu.













1 komentar: