Senin, 31 Juli 2023

Menyusun Buku Secara Sitematis

Resume ke : 15

Gelombang : 29

Tanggal : 28 Juli 2023

Tema : Langkah Menyusun Buku Secara Sitematis

Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd., M.Pd.

Moderator : Purbaniasita Kusumanig Sedyo, S.Pd


Tema pertemuan malam hari ini sangat menarik. Langkah menyusun buku secara sistematis. Bagaimana tidak menarik, kami semua peserta pelatihan pada akhirnya nanti harus menyusun sebuah buku untuk mendapatkan sertifikat pelatihan menulis ini. Disamping kami juga harus mengumpulkan resume pelatihan sebanyak 30 resume.

Malam hari ini pertemuan dipandu oleh moderator Purbaniasita Kusumanig Sedyo, S.Pd. Dengan narasumber pak Yulius Roma Patandean, S.Pd. Pak Yulius berasal dari Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan. Beliau mempunyai banyak prestasi diantaranya adalah Pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI prov. Sulawesi Selatan tahun 2017. Guru berprestasi jenjang SMA prov. Sulawesi Selatan tahun 2021. Peraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu Gurulympic tahun 2020. Dan masih banyak prestasi lain yang beliau dapatkan.

Naskah buku yang tertata/tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat. Terdapat sejumlah aplikasi/software yang bisa digunakan untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Diantaranya menggunakan Mandeley dan Zotero.

Cara Otomatis Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks, Dan Daftar Pustaka
Uraian langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Mulailah dengan membuat kerangka tulisan yang terdiri dari judul, kata pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, bab dan sub bab, indeks, dan daftar pustaka.
  2. Setelah kerangka tulisan selesai, blok teks yang telah dibuat, lalu klik opsi "Heading 1" untuk menandai judul atau bagian utama.
  3. Tentukan ukuran kertas yang akan digunakan untuk dokumen.
  4. Pisahkan setiap bagian sesuai dengan kerangka tulisan yang telah dibuat sebelumnya.
  5. Tambahkan penomoran halaman dengan mengklik "Insert" dan pilih "Page Number."
  6. Untuk membedakan penomoran pada daftar isi dengan bagian-bagian dalam bab, letakkan kursor di belakang kata "Bab 1," lalu pilih "Page Layout," klik "Breaks," pilih "Sections Breaks," dan pilih "Next Page." Setelah itu, klik "Page Number" dan pilih jenis penomoran yang ingin digunakan.
  7. Untuk membuat daftar isi otomatis, pergi ke menu "References," lalu pilih "Table of Contents."
  8. Untuk menciptakan daftar pustaka secara otomatis, setiap kali Anda menyertakan informasi dari narasumber, klik "References," pilih "Manage Sources," dan pilih gaya penulisan APA edisi keenam. Klik "New," lalu pilih "Book." Selanjutnya, masukkan nama penulis buku pada kolom "Author," judul buku pada kolom "Title," tahun penerbitan pada kolom "Year," nama kota pada kolom "City," dan penerbit pada kolom "Publisher." Dengan demikian, daftar pustaka akan terisi secara otomatis.
Cara-cara di atas akan memudahkan Anda dalam membuat daftar isi, kutipan, indeks, dan daftar pustaka secara otomatis dalam dokumen kita (selengkapnya di https://youtu.be/eePQwyHAcjw )

Cara Otomatis Membuat Judul Bab Dan Sub Bab Pada Tulisan
Uraian langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama adalah menyiapkan naskah buku yang akan dibuat menggunakan Microsoft Word.
  2. Setelah itu, pergi ke "Page Layout" dan pilih ukuran kertas yang akan digunakan.
  3. Selanjutnya, pilih margin yang sesuai dengan keinginan Anda dari menu "Page Layout."
  4. Untuk membuat judul bab, blok teks yang berisi judul, lalu pergi ke tab "Home" dan pilih "Heading 1."
  5. Agar judul berada di tengah, pilih opsi "Center" dan ubah warna tulisannya menjadi hitam (black).
  6. Untuk membuat sub judul, gunakan opsi "Heading 2" di tab "Home." Untuk sub judul berikutnya, pilih "Heading 3."
  7. Terakhir, untuk membuat daftar isi secara otomatis, arahkan kursor di bawah daftar isi, lalu pilih "References" dan pilih "Table of Contents."
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat judul bab dan sub bab secara otomatis pada tulisan Anda menggunakan Microsoft Word. (selengkapnya di  https://youtu.be/jXPr59aWJSc)

Cara Membuat Indeks Tulisan Pada Buku
Uraian langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Pertama, siapkan naskah tulisan Anda dalam format Word.
  2. Blok teks yang akan dijadikan sebagai entri indeks, kemudian pilih menu "File" dan klik "Heading 1."
  3. Atur ukuran dan warna tulisan sesuai preferensi Anda
  4. Selanjutnya, pergi ke menu "References," kemudian blok kata yang akan dimasukkan ke dalam indeks, dan pilih "Mark Entry." Masukkan kata yang ingin Anda simpan di indeks.
  5. Pada halaman indeks, pergi ke menu "References," pilih "Insert Index," dan klik "OK." (Selengkapnya di https://youtu.be/jXPr59aWJSc)
Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyusun naskah buku secara sistematis. Namun tidak mengapa jika kita mencoba membuat simulasi dan percobaan menggunakan fasilitas yang telah tersedia di komputer kita. Seringlah menengok naskah milik teman , baca dan lakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan.

Naskah buku yang telah disusun dengan baik akan memberikan kemudahan bagi tim editor di percetakan untuk menerbitkannya. Meskipun ada tim editor yang sudah tersedia, akan bermanfaat jika teman-teman juga mempertimbangkan untuk belajar menjadi editor naskah sendiri. Terdapat banyak hal yang dapat dipelajari dari proses tersebut. Rasa percaya diri terhadap naskah buku kita akan terlahir dengan sendirinya saat kita membaca naskah buku kemudian menyusunnya secara sistematis.

Setiap awal menulis buku pasti ada tantangannya. Namun itulah yang membuat usaha menerbitkan buku lebih menarik dan bermakna. Seperti biasa pertemuan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Tetapi kali ini pertanyaan dari para peserta konon akan dijawab via email oleh narasumber. Dikarenakan narasumber sedang kurang enak badan. Cepat pulih dan sehat kembali pak Yulius Roma Patandean, S.Pd., M.Pd. Tetap sehat dan tetap semangat serta jangan lupa bahagia.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar