Sabtu, 01 Juli 2023

Menulis Di Portal Berita Melintas

Resume ke : 6

Gelombang : 29

Tanggal : 30 Juni 2023

Tema : Teknik Menulis Untuk Situs Portal Berita melintas.id

Narasumber : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd 

Moderator : Arofiah Afifi, S.Pd


Malam ini adalah pertemuan ke-6 di kelas belajar menulis nusantara angkatan ke-29. Tidak seperti biasanya malam ini aku masuk kelas agak terlambat karena ada urusan kepentingan pribadi yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Tetapi semua itu tidak menyurutkan sedikitpun semangat untuk dan terus dan terus belajar dalam dunia tulis menulis bersama narasumber dan para peserta hebat lainnya.

Di bawah temaram rembulan malam dan diiringi suara merdu hewan serangga yang saling bersahutan mulai ku buka whatsapp grup dan ku baca uraian materi dari moderator serta narasumber. Moderator malam hari ini adalah beliau ibu Arofiah Afifi, S.Pd. Membuka acara malam hari ini dengan kalimat dari Napoelon Banaparte seorang raja dari Prancis yang dulu sering kita temui namanya dalam buku-buku pelajaran IPS Sejarah. Bonaparte berkata : “"Aku lebih takut kepada tiga penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit yang bersenjata bayonet lengkap". Mengiaskan maksud bahwa seorang penulis hebat lebih berbahaya dari sisi pengaruh daripada seorang prajurit yang ulung.

Karena seorang penulis hebat menuangkan ide serta gagasannya ke dalam sebuah tulisan yang akan dibaca oleh khalayak masyarakat. Peluru bisa mengenai badan berujung luka atau kehilangan nyawa. Tetapi tulisan yang dibaca dan dipahami akan membekas di dalam otak, mempengaruhi pola pikir dan wawasan serta tindak tanduk seseorang. Bahkan karena tulisan bisa saja menggerakkan aksi di dalam masyarakat karena yang dituju dalam sebuah tulisan adalah pikiran, sementara pikiran adalah yang menggerakkan tindak tanduk serta tingkah laku manusia seutuhnya. Demikian kalimat pengantar dari ibu Ovi yang sangat menginspirasi.

Narasumber malam hari ini adalah beliau pak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Biasa disapa pak Brian. Lahir di Jakarta, 30 Juni 1992. Kini tinggal di Bekasi dan berprofesi sebagai guru SD di Jakarta. Memulai aktivitas menulis pada tahun 2009 saat pertama kalinya beliau membuat blog. Puluhan tulisannya sudah dimuat di berbagai media cetak. Sebagian besar dimuat di Tabloid Bola, Harian Bola, Tabloid Soccer. Ada juga yang dimuat di Harian Kompas, Kedaulatan Rakyat, Warta Kota, Media Indonesia, dan Majalah Hidup. Sudah menghasilkan tiga buku solo dan 15 buku antologi. Luar biasa konsistensi dan komitmen beliau dalam dunia tulis menulis.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi seseorang jika ingin menjadi konten kreator di portal berita melintas.id, antara lain sebagai berikut :
  1. Pemilihan rubrik dan gaya penulisan, bahwa konten yang dibuat harus relevan dengan salah satu rubrik yang telah ditentukan (Pendidikan, Sastra, Parenting, News, Religi, Sekolah, Ragam, Literasi, Video, dan Photo). Gaya penulisan harus informatif, edukatif dan menginspirasi. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami audiens.
  2. Isi artikel tidak membawa unsur Sara, Pornografi, Hoax, Kebencian dan Fitnah.
  3. Netralitas dan integritas di Melintas.id, bahwa konten harus bersifat netral tidak memihak pada golongan manapun. Menjaga integritas dengan tidak melibatkan diri dalam praktek yang melanggar etika dan hukum. Menjaga nama baik dengan tidak menyebarkan informasi palsu yang merugikan platform melintas.id
  4. Tidak memberitakan hal negatif sesama jurnalis dan konten kreator.
  5. Plagiarisme dan sumber artikel, bahwa tingkat plagiarisme harus sedikit mungkin. Sumber artikel harus jelas. Sumber artikel bisa bersifat reportase, wawancara, dsb.
  6. Mengikuti ketentuan promedia teknologi dan menerapkan SEO, bahwa konten harus mematuhi pedoman promedia teknologi terkait pemilihan kata kunci, penggunaan meta tag, dan teknik optimasi SEO lainnya. Menerapkan teknik SEO yang sesuai untuk meningkatkan tingkat keterbacaan konten artikel.
  7. Sastra Cerbung atau cerita bersambung, bawa untuk rubrik sastra khususnya cerita bersambung siapkan naskah lengkap yang mencakup bab atau bagian selanjutnya dari cerita bersambung. Pastikan memiliki alur yang menarik, karakter yang kaya dan pesan moral yang jelas.
  8. Bersedia mengikuti ketentuan dari melintas.id
Melintas merupakan akronim dari Media Literasi Nusantara Semaja. Awalnya ide untuk membuat media online ini berasal dari sebuah pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar. Kemudian beberapa alumni yang juga anggota tim solid Omjay beserta Omjay diajak untuk mendirikan media online ini yang kemudian menjadi tim redaksi melintas.id yang terdiri dari 7 orang.

Tujuan didirikannya melintas adalah untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI yaitu sebagai wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Melintas berdiri pada tanggal 11 Mei 2023. Melintas merupakan situs portal berita sehingga memiliki keunikan gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan buku, blog, karya ilmiah atau jenis tulisan yang lain.

Pelatihan menulis KBMN PGRI memiliki sumber daya manusia yang bagus. Setiap gelombangnya terdapat 500 sampai dengan 1.000 peserta. Jika ada 10% nya saja yang aktif konsisten menulis maka terdapat 50 – 100 orang penulis yang potensial. Bisa menghasilkan tulisan yang kreatif, bagus, unik, bermutu, serta orisinal.

Sebagian besar peserta KBMN adalah insan praktisi pendidikan. guru, kepala sekolah, pengawas, penilik dan sebagainya ada di dalamnya. Sungguh potensi yang dapat dimaksimalkan untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan melintas. Sehingga melintas menjadi media online yang terdepan dan terpercaya dalam hal edukasi dan literasi.

Melintas merupakan situs portal berita yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan Promedia. Promedia sendiri sudah menangani hampir seribu situs portal berita di Indonesia. Ambil contoh seperti Jawa Pos dan Suara Merdeka juga di bawah naungan Promedia. Sehingga melintas berada di tengah lingkungan ekosistem media yang bagus. Di Promedia memiliki norma-norma tulisan yang mungkin bertentangan dengan norma tulisan yang selama ini kita pahami. Contoh tulisan berjenis sastra, karena melintas adalah situs portal berita maka tulisan sastrapun dikemas seperti postingan berita.

Di melintas ada sepuluh jenis rubrik yaitu : Pendidikan (berita pendidikan umum), Sastra (cerpen, puisi, pentigraf, dll), Parenting, News, Religi, Sekolah (berita kegiatan/prestasi sekolah), Literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI), Ragam: (kuliner, travelling, kesehatan, budaya), Olahraga dan Opini. Sehingga penulis bisa menyesuaikan dengan rubrik yang ada. Melintas juga tidak menerima tulisan infotainment.

Terdapat dua kategori penulis di melintas yaitu penulis lepas dan penulis tetap. Penulis lepas adalah penulis yang tidak bergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email. Sementara penulis tetap adalah penulis yang bergabung secara tetap dengan melintas artinya siap mengikuti aturan dan siap memenuhi target jumlah tulisan yang ditetapkan. Dan penulis tetap berpeluang untuk mendapatkan honor jika melintas sudah mampu menghasilkan pendapatan.

Sementara itu terdapat tiga jenis jenjang penulis tetap di melintas.id antara lain sebagai berikut:
  1. Calon Content Creator (CC) adalah mereka yang baru bergabung, nama calon content creator akan menempel dulu dengan nama editor. Dan ditulis sebagai contributor. Akan diberi target minimal 15 tulisan dalam sebulan. Jika lulus dan memenuhi target akan naik menjadi content creator dan jika tidak lulus akan menjadi penulis lepas saja.
  2. Content Creator adalah mereka yang lulus dalam ujian menulis 15 tulisan dalam sebulan. Namun nama masih disandingkan dengan nama editor.
  3. Author adalah mereka yang sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id. Memiliki profil nama sendiri dan tidak lagi menumpang dengan nama editor. Nama author tercatat dalam database melintas.id. Dan memiliki tanggung jawab untuk memproduksi tulisan sebanyak 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi target maka akan diturunkan kembali ke level content creator.
Berikut ini cara mengirim tulisan ke melintas.id sebagai penulis lepas :
  1. Tulisan mengandung nilai berita, peristiwa, atau opini.
  2. Tulisan diketik di microsoft word minimal 400 kata, maksimal 1.000 kata.
  3. Di bagian akhir tulisan, sertakan nama lengkap, biodata maksimal tiga kalimat, nomor telepon (WhatsApp).
  4. Setiap paragraf terdiri dari maksimal 2 kalimat.
  5. Wajib sertakan gambar. Lampirkan dalam email. Kalau bisa pastikan ukurannya minimal 700 x 350 pixel.
  6. Gambar diberi keterangan (caption) dan sumber. Tuliskan pada file word artikel di bagian akhir. Lebih disarankan menggunakan foto hasil dokumentasi sendiri.
  7. Judul email diisi dengan judul tulisan dan nama anda (judul tulisan_nama anda). Kirim ke email melintas.2023@gmail.com
  8. Jika tulisan dimuat di melintas.id, link artikelnya akan dikirimkan lewat balasan email.
Jika ingin menjadi penulis tetap di melintas harus memahami ketentuan berikut karena menulis di melintas berbeda dengan menulis di blog, penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas. Yang punya hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form. Berikut ini tata caranya:
  1. Download format file word
  2. Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan
  3. Kirim ke link formulir yang disediakan.
Tulisan yang masuk ke melintas akan diperiksa dulu oleh tim editor. Tidak langsung tayang. Karena editor melintas juga memiliki pekerjaan yang lain sehingga kemungkinan tulisan bisa tayang dalam beberapa jam atau beberapa hari. Editor melintas.id akan mengecek kiriman tulisan yang masuk. Berapa persen plagiarismenya. Batas toleransi plagiarisme maksimal 30%.

Tulisan di melintas harus disertai dengan gambar ilustrasi. Namun tidak boleh ambil sembarang gambar dari google. Gambar yang boleh dipakai adalah gambar dokumentasi pribadi, media sosial tokoh atau instansi, dan dari beberapa situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com, dan lain-lain. panjang tulisan minimal 350 kata. Maksimal 800 kata. Pengecualian untuk puisi minimal 4 bait, 1 bait terdiri 4 baris.

Demikian materi yang disampaikan oleh narasumber malam hari ini. Sungguh lengkap dan jelas pemaparannya. Demikian lengkapnya sampai resume ini pun cukup panjang uraiannya. Seperti biasanya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terimakasih pak Brian dan Bu Ovi malam yang sungguh berkesan dan membuka wawasan baru tentang menulis di portal berita melintas. Tetap sehat dan tetap semangat serta jangan lupa bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar