Kamis, 13 Juli 2023

Jangan Berhenti Menulis Di Blog

Resume ke : 8

Gelombang : 29

Tanggal : 12 Juli 2023

Tema : Komitmen Menulis Di Blog

Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator : Dail Ma’ruf, M.Pd


Jangan biarkan blog anda penuh dengan sarang laba-laba. Demikian kalimat yang cukup menarik perhatian saya malam ini. Kalimat tersebut agaknya mengandung makna bahwa jangan sampai blog kita terbengkalai tidak terurus dan ditinggalkan begitu saja. Ya sesuai dengan tema malam ini “Komitmen Menulis Di Blog” memang cukup menarik untuk dibahas. Adapun moderatornya adalah beliau pak Dail Ma’ruf, M.Pd. Dan sebagai narasumber Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Pak Dedi Dwitagama adalah seorang motivator di bidang pengembangan diri, kepemimpinan dan kewirausahaan. Beliau telah menjadi pembicara dan pelatih selama lebih dari 20 tahun. Dan membantu banyak orang untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Luar biasa pak Dedi. Dan konon beliau adalah guru blogger dari Dr. Wijaya Kusumah (Om Jay) founder KBMN PGRI.

Komitmen perlu untuk sesuatu perbuatan yang dilakukan dalam jangka panjang. Dengan komitmen akan menjaga niat dan hati kita hingga mencapai impian. Demikian pula menulis di blog tentu membutuhkan komitmen yang kuat agar blog yang kita miliki terus berkembang. Dengan berkomitmen untuk menulis secara konsisten kita berkesempatan untuk menyuarakan apa yang ada dalam benak dan pikiran kita dan dapat mempengaruhi orang lain secara positif.

Komitmen menulis di blog akan muncul dengan sendirinya dari perasaan mencintai dunia tulis menulis itu sendiri. Jika orang mencintai sesuatu tulus dari dalam hatinya maka pasti akan berusaha konsisten terus melakukan sesuatu yang dicintai atau disukainya tersebut.

Menjaga komitmen untuk tetap konsisten menulis di blog bukanlah sesuatu hal yang mudah. Apalagi sudah menjadi sifat dasar manusia yang kerap dihinggapi rasa bosan. Tantangan blog yang sepi pengunjung, sibuk di pekerjaan atau di lingkup keluarga adalah hal yang kerap kita temui.

Saya sendiri memiliki kiat-kiat agar kita dapat tentap kosisten untuk menulis di blog kita. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Tetapkan jadwal dan komitmen. Dengan menetapkan jadwal rutin untuk menulis dan sebisa mungkin mematuhinya akan membantu membentuk kebiasaan menulis yang baik. Misalnya dengan cara mengatur khusus waktu setiap hari atau setiap minggu untuk menulis di blog.
  2. Temukan topik yang menarik. Menemukan topik yang menarik minat kita dan relevan dengan audiens kita akan membuat proses menulis lebih menyenangkan dan menginspirasi kita untuk terus melakukannya. Kita akan lebih mudah untuk menulis sesuatu yang kita sukai dan kita kuasai. Sehingga nantinya tulisan kita akan mengalir dan selesai dengan baik.
  3. Membuat rencana konten. Buatlah rencana konten yang terperinci untuk blog kita. Tentukan topik dan ide yang ingin kita tulis di kemudian hari. Dengan memiliki rencana yang jelas kita akan lebih termotivasi untuk melanjutkan menulis dan menghindari kehilangan arah dalam menulis.
  4. Menemukan sumber motivasi. Ada baiknya kita mencari sumber motivasi dan inspirasi untuk tetap bersemangat dalam menulis. Dapat dilakukan dengan cara membaca buku tentang penulis, mengikuti blog penulis atau bergabung dengan komunitas penulis untuk mendapatkan dukungan dan dorongan yang positif.
  5. Responsif terhadap pembaca. Menanggapi komentar dan memberikan umpan balik kepada pembaca akan melibatkan diri kita dalam berinteraksi dengan pembaca. Dan itu dapat memberikan motivasi tambahan bagi penulis. Bukankan penulis akan merasa senang jika tulisannya dibaca dan direspon oleh orang lain?
  6. Kembali mengingatkan diri sendiri tentang tujuan menulis. Dengan mengingat kembali tentang tujuan menulis di blog minimal akan membuat kita sadar bahwa kita menulis di blog memang atas dasar tujuan tertentu. Tujuan yang jelas akan mendorong semangat kita untuk tetap bisa konsisten menulis di blog.

Menulis di blog adalah perjalanan panjang yang menarik. Tetapi membutuhkan komitmen dan konsistensi untuk berhasil. Dengan memahami pentingnya komitmen menulis di blog, kita tetap dapat termotivasi dan menghasilkan konten yang bermanfaat untuk pembaca kita. Ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci untuk mencapai sebuah tujuan yang kita raih. Termasuk dalam dunia menulis di blog.

Demikian resume pelatihan malam hari ini yang banyak saya kembangkan dengan ide dan gagasan saya sendiri. Terimakasih pak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si selaku narasumber yang luar biasa. Terimakasih juga pak Dail Ma’ruf, M.Pd selaku moderator yang sudah mengemas pertemuan malam hari ini dengan baik. Tetap sehat tetap semangat dan jangan lupa bahagia.

3 komentar: