Minggu, 20 Agustus 2023

Menulis Di Majalah Suara Guru

Resume ke : 24

Gelombang : 29

Tanggal : 19 Agustus 2023

Tema : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber : Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd

Moderator : Yandri Novita Sari, S.Pd


Majalah suara guru? Jujur nama majalah itu cukup asing di telingaku. Meskipun konon majalah ini dikelola oleh pengurus besar PGRI tapi aku sendiri baru pernah mendengarnya. Majalah Suara Guru adalah majalah yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PB PGRI). Majalah ini berisi berbagai informasi dan artikel tentang pendidikan, kegiatan organisasi dan inspirasi bagi para guru di seluruh Indonesia. Majalah ini sudah terbit sejak tahun 1950-an dan masih aktif hingga kini. Kantor redaksinya ada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat.

Pada awal berdirinya PGRI majalah suara guru adalah media komunikasi dan perjuangan organisasi tersebut di awal kemerdekaan Indonesia. Karena PGRI sendiri berdiri seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan. Seiring perkembangan zaman, majalah ini terbit setiap dua bulan sekali, memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan risalah hasil kongres PGRI.

Majalah Suara Guru termasuk salah satu majalah tertua di tanah air. Di tahun 2020, usia penerbitan majalah Suara Guru sudah mencapai lebih dari 70 tahun. Majalah Suara Guru memiliki berbagai macam rubrik. Selain Suara Utama, Opini, Organisasi, Edutainment, Oase, Percik, Inspiratif, Sekolah, Bahasa, Sastra, dan Destinasi. Majalah Suara Guru terus aktif dalam kegiatan literasi guru dengan menyelenggarakan banyak lomba. Majalah ini juga sering menyelenggarakan lomba menulis untuk guru dan memberikan tips dan trik untuk meningkatkan keterampilan menulis para guru.

Catur Nurrochman Oktavian, M.Pd narasumber malam hari ini adalah wakil bendahara umum PB PGRI, Wakil ketua Asosiasi Guru Penulis PB PGRI dan sebagai redaktur pelaksana di Majalah Suara Guru sejak tahun 2018. Berikut beberapa hal penting terkait mengirimkan tulisan ke Majalah Suara Guru yang dibarkan oleh narasumber :

Persyaratan Menulis Di Majalah Suara Guru

1. Tulisan harus bersifat original, asli hasil karya penulis sendiri, bukan hasil dari plagiat dan belum pernah diterbitkan di media manapun.

2. Tulisan dibuat berdasarkan fakta atau sesuai dengan kenyataan dan bukan merupakan hoax atau berita bohong.

3. Tulisan sebaiknya bersifat aktual. Aktual artinya terkini, baru saja terjadi juga sedang menjadi pusat perhatian banyak orang. Dengan menulis secara aktual maka tulisan akan lebih menarik karena sesuai dengan konteks situasi dan kondisi terkini. 

4. Tulisan harus lolos pengeditan dan kurasi dari dewan redaksi majalah suara guru.

Persyaratan Mengirimkan Naskah Di Majalah Suara Guru

1. Tulisan merupakan karya asli dari penulis bukan hasil duplikasi atau plagiasi dari penulis lain.

2. Untuk artikel di kolom opini maksimal 2 halaman atau sekitar 700 kata.

3. Diketik dengan menggunakan font time new roman ukuran 12.

4. Margin normal dengan jarak spasi antar kata 1,5.

5. Tidak memuat unsur SARA.

6. Tidak menyerang pribadi seseorang. Untuk tulisan rubrik berita sekolah panjang tulisan masimal 300 kata.

Manfaat Mengirimkan Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita mengirimkan tulisan ke Majalah Suara Guru diantaranya :

1. Tulisan yang dimuat di majalah Suara Guru dapat digunakan sebagai persyaratan untuk melengkapi pengusulan kenaikan pangkat kita. Karena majalah Suara Guru adalah majalah nasional maka point yang didapat dari artikel kita yang terbit di majalah ini adalah 2 point.

2. Dengan menulis di majalah Suara Guru kita dapat mengeksplorasi kemampuan menulis kita. Sehingga secara tidak langsung ini juga menunjukkan eksistensi kita sebagai seorang penulis. Penulis memilki kebutuhan untuk dapat mengeksplorasi kemampuan menulisnya dan menunjukkan eksistensinya sebagai seorang penulis. Majalah Suara Guru bisa menjadi media untuk itu semua. 

3. Dengan menulis di Majalah Suara guru kita memberikan kontribusi positif dan manfaat demi kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Karena tulisan – tulisan kita adalah tulisan yang bermutu, informatif serta mencerahkan. Hal ini kan menambah wawasan bagi siapapun yang membaca tulisan kita khususnya dalam bidang pendidikan

Menulis di Majalah Suara Guru gratis tidak dikenakan biaya sepeserpun dan jika ingin berlangganan biayanya adalah Rp 150.000, 00 per tahun untuk 6 eksemplar majalah. Jika tulisan kita berhasil dimuat di Majalah Suara guru kita akan mendapatkan merchandise berupa kaos atau tumbler. Dan jika ingin mengirimkan tulisan ke majalah suara guru dapat dikirim melalui alamat email suaraguru@gmail.com. Yuk mari kita tingkatkan dan kita giatkan literasi kita dengan menjadi penulis di Majalah Suara Guru. Kala bukan kita lalu siapa lagi?







1 komentar: