Rabu, 30 Agustus 2023

Refleksi Diri Siswa Menggunakan Media Blog

Resume ke : 28

Gelombang : 29

Tanggal : 28 Agustus 2023

Tema : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.

Moderator : Pubaniasita Kusmaning Sedyo, S.Pd


Kebanyakan orang membuat atau mengelola blog sebatas untuk kepentingan menyalurkan hobi menulisnya atau mendokumentasikan tulisan – tulisannya. Padahal sejatinya blog bisa dimanfaatkan secara lebih luas untuk berbagai kepentingan. Khususnya untuk kita para guru dan insan penggiat pendidikan, blog dapat dimanfaatkan sebagai media untuk membantu tugas keseharian kita sebagai pendidik.

Sebagai gambaran umum saja, kita dapat menggunakan blog sebagai tempat kita menuliskan materi pelajaran yang telah kita susun, menyisipkan berbagai konten pelajaran berupa video, info grafis atau ilustrasi lainnya guna mendukung proses belajar mengajar yang akan kita lakukan bersama siswa. Blog tersebut juga dapat kita gunakan untuk memberikan tugas atau projek kepada siswa – siswi kita. Hingga siswa – siswi kita juga dapat memanfaatkan  blog tersebut untuk memberikan umpan balik terhadap kegiatan belajar mengajar yang telah kita laksanakan.

Refleksi Diri Siswa

Seperti apa yang tengah dilakukan narasumber malam hari ini. Beliau Pak Bambang Purwanto menggunakan blog sebagai media untuk mendokumentasikan refleksi diri siswa – siswanya. Pada akhir pembelajaran para siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Yaitu berupa tulisan – tulisan tentang apa yang mereka rasakan saat pembelajaran berlangsung. Lebih dari itu di dalam tulisannya siswa dapat memberikan pendapat, saran, masukan, bahkan kritik untuk pak Bambang agar dapat mengajar serta memberikan pelayanan dengan lebih baik lagi.

Pertanyaan Refeksi Diri

Pertanyaan refleksi diri yang tertulis dalam blog sebaiknya ditulis berupa paragraf. Misalnya : Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Adakah materi yang menjadi kesulitan bagi kalian (materi yang perlu dijelaskan kembali)? Adakah masukan bagi guru untuk pembelajaran hari ini? Jika ada mohon dijelaskan dengan kalimat lengkap dan tidak bertele – tele. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan pak guru menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar bersama pak guru karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua, dan sebagainya. Intinya guru membuat pertanyaan pemantik agar siswa mau menuangkan isi pikirannya, tentang apa yang dia rasakan terhadap kegiatan belajar mengajar hari ini dan saran masukan untuk perbaikan guru atau pembelajaran ke depannya.

Pengolahan Nilai

Isian jawaban yang sudah dituliskan siswa akan dinilai oleh guru menggunakan aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Excel. Setiap siswa yang mengisi jawaban akan mendapatkan poin 10. Atau bisa ditingkatkan menjadi 15 poin. Poin dapat dikonversi menjadi nilai. Dan nilai refleksi diri bisa disepakati dengan siswa – siswi kita agar menjadi nilai ulangan atau nilai tugas. Mengolah nilai refleksi diri ini di excel bukan barang gampang. Guru harus melakukan pengolahan nilai ini per minggu karena nanti akan diakumulasi. Contoh :

Kelas 7A mempunyai siswa 5 orang. Sebut saja : A, B, C, D, E

Minggu Pertama

A Mengisi P=15 N=100

B Tidak Mengisi P=0 N=0

C Mengisi P=15 N=100

D Mengisi P=15 N=100

E Mengisi P=15 N=100

Minggu Kedua

A Mengisi P=30 N=100

B Mengisi P=15 N=50

C Mengisi P=30 N=100

D Mengisi P=30 N=100

E Mengisi P=30 N=100

B Mengisi poin nya baru 15 Nilainya 50 dari mana ?( 15 / (15 x 2) ) * 100

Rumus Penilaiannya = ( Poin yang didapat / ( 15 x jumlah pertemuan) ) * 100

Manfaat Refleksi Diri

Ada banyak manfaat yang didapat dari kegiatan refleksi diri dengan menggunakan media blog. Manfaat mengisi refleksi diri bagi siswa adalah sebagai berikut :

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

Sementara itu manfaat refleksi diri bagi guru adalah sebagai berikut :

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampaikan perasaannya

4. Sebagai alat ukur kedisiplinan

Contoh : Refleksi diri kelas 7A absen 21 pada tanggal 21 Agustus 2023
Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti pak guru ngomong apa karena tidak kedengaran.

Contoh : Refleksi Diri kelas 7A absen 22 pada tanggal 21 Agustus 2023
Hari ini aku belajar bersama pak guru. Aku diajarkan untuk membuat folder dan save file ke folder. Penjelasan pak guru sangat mudah dimengerti. Pak guru sangat sabar saat mengajar kelas 7A yang ributnya seperti pasar malam. Pelajaran hari ini asik banget. Aku suka Informatika karna gurunya yang supportive banget. Makasih buat pak guru udah ngajar 7A.

Kedua tulisan refleksi di atas dapat dijadikan umpan balik bagi sang guru yang bisa direspon pada minggu berikutnya. Umpan balik ini bertujuan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Refleksi diri tersebut dapat diolah dan ditampilkan pada website atau blog yang dikelola guru. Selayaknya guru bisa memberikan inspirasi kepada muridnya agar murid bisa tumbuh lebih dari para gurunya saat di sekolah.

Berbagai macam tulisan dan kalimat dapat muncul pada refleksi diri yang ditulis siswa. Terkadang dari tulisan itu ada hal – hal yang menggelitik dan menarik. Yang dapat juga menumbuhkan rasa empati siswa terhadap gurunya. Misal saat siswa menuliskan kalimat harapan dan doa untuk kesehatan, kesuksesan, serta kebahagiaan gurunya. Itu semua dapat menumbuhkan rasa empati dan membentuk karakter siswa yang berhati mulia.

Saat dikemudian hari guru bertemu lagi dengan para siswanya di kelas. Guru dapat membahas terkait refleksi diri tersebut. Selain dari sisi konten atau isi kalimat refleksinya, guru bisa membahas dari sisi penggunaan tanda baca, ketepatan ejaan atau efektifitas kalimatnya. Sungguh sangat banyak manfaat yang bisa didapat oleh guru jika menggunakan blog sebagai media refleksi diri siswa.








2 komentar: